Tuesday, January 12, 2010

12 Imigran Gelap asal Myanmar Ditangkap di Medan

Medan - Sebanyak 12 imigran gelap asal Myanmar diamankan petugas Kantor Imigrasi Klas I Polonia Medan, Kamis (14/1/2010) sore. Mereka ditangkap saat berbelanja di salah satu pasar swalayan di kawasan Jl. Mangkubumi, Medan.

Penangkapan 12 imigrasi ini menyusul menghilangnya ratusan imigran gelap dari penampungan milik International Organization for Migration (IOM) di Jl. Cempaka, Kecamatan Medan Selayang, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (13/1/20/10) sore.

Guna proses pemeriksaan, para imigran gelap asal Myanmar yang tertangkap tersebut, sementara waktu di tahan di Kantor Imigrasi Klas I Polonia Medan.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, (Wasdakim) Imigrasi Polonia, Setia Budi Utama mengatakan, penangkapan dilakukan untuk mengantisipasi pengungsi gelap berkeliaran di Medan.

"Baru sore tadi kita temukan di sebuah pasar swalayan. Saat ini masih melakukan pemeriksaan. Tapi mereka dari lokasi penampungan di Jl. Cempaka," katanya.

Salah seorang imigran yang tertangkap, Muhammad Faisal, membantah jika mereka melarikan diri dari penampungan di Jl. Cempaka Medan. Mereka mengaku keluar lingkungan penampungan untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

"Kami beli sayur dan buah . Ini buktinya," kata Faisal sambil memperlihatkan kartu identitas yang dikeluarkan IOM dan buah jeruk yang mereka beli.

Penampungan imigran di Jl. Cempaka sejauh ini sudah ditinggalkan 134 imigran tanpa keterangan yang jelas. Pada Desember lalu terdapat 195 imigran yang ditangkap di Aceh dan kemudian dikirim ke Medan. Di penampungan, mereka diberi identitas sementara dan diperbolehkan keluar pagi namun harus pulang pada malam hari. Namun karena pengawasan minim, mereka akhirnya tak pulang lagi ke penampungan.

source: www.detik.com

No comments:

Post a Comment